Implementasi Model Penggarapan dan Pembagian Hasil Panen Kebun Cengkeh di Kabupaten Tolitoli

Authors

  • Fathul Khair Institut Agama Islam Negeri Sultan Amai, Gorontalo, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.55657/jpmb.v1i01.55

Keywords:

Bagi Hasil, Penggarapan, Upah, Muzaraah.

Abstract

Kabupaten Tolitoli salah satu tempat yang sangat strategis ditumbuhi cengkeh.  Posisi lahan perkebunan di Kabupaten Tolitoli merupakan salah satu lokasi yang strategis untuk penanaman perkebunan, salah satunya cengkeh. Masyarakat berbondong-bondong menanam cengkeh sehingga menciptakan beberapa metode penggarapan kebun cengkeh. Penelitian ini bersifat kualitatif. Lokasi penelitian ini dilakukan di Kabupaten Tolitoli Sulawesi Tengah. Sistem penggarapan kebun cengkeh yang dilakukan oleh masyarakat di Kabupaten Tolitoli terdiri dari 2 macam. Sistem penggarapan sendiri dilakukan oleh orang yang memiliki lahan kebun cengkeh. Ketika masa panen tiba, para pemilik kebun cengkeh mempekerjakan orang lain untuk memetik cengkeh. Cengkeh yang telah dipetik akan diupahi Rp. 5.000 persatu kaleng susu. Sistem penggarapan sendiri ini telah sesuai dengan Syariah Islam dalam memanfaatkan tanah dan sistem upah yang diterapkan telah sesuai dengan ketentuan syariah Islam dimana pemberian upah diberikan perhari. Dan meminta orang lain menggarap kebun cengkeh dengan menggunakan sistem bagi hasil. Sistem pembagian hasil panen kebun cengkeh di Kabupaten Tolitoli adalah 1 : 1. Sistem penggarapan dan bagi hasil kebun cengkeh yang dilakukan masyarakat Tolitoli dilakukan dengan perjanjian muzaraah. Biaya-biaya selama proses penggarapan ditanggung oleh pemilik kebun cengkeh.

References

An-Nabhani, T. (2004). An-Nizham Al-Iqtishadi fi Al-Islam. Beirut: Darul Ummah.

Arif, F. M. (2018). Muzara'ah dan Pengembangan Ekonomi Umat di Pedesaan. Al-Amwal: Journal of Islamic Economic Law, 108-136.

Badan Pusat Statistik Kab. Tolitoli. (2016). Badan Pusat Statistik Kab. Tolitoli. Diambil kembali dari Badan Pusat Statistik Kab. Tolitoli: http://tolitolikab.bps.go.id

Busthomi, A. O., Setyawan, E., & Parlina, I. (2018). Akad Muzara'ah Pertanian Padi Dalam Perspektif Hukum Ekonomi Syariah. Al Mustashfa, 268-283.

Bzn, T. H. (1999). Asa-asas dan Susunan Hukum Adat, Terjemahan K. Ng Subekti Poesponoto. Jakarta: Pradnya Paramita.

Ghazaly, A. R., Ihsan, G., & Shidiq, S. (2012). Fiqh Muamalah. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Harsono, B. (1997). Hukum Agraria Indonesia, Sejarah Pembentukan Undang-undang Pokok Agraria, Isi dan Pelaksanaan. Jakarta: Djambatan.

Mardani. (2013). Fiqh Ekonomi Syariah. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.

Moleong, L. J. (2013). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Rosda.

Suhendi. (2014). Fiqih Muamalah. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Downloads

Published

2022-06-16

How to Cite

Khair, F. (2022). Implementasi Model Penggarapan dan Pembagian Hasil Panen Kebun Cengkeh di Kabupaten Tolitoli. Journal of Principles Management and Business, 1(01). https://doi.org/10.55657/jpmb.v1i01.55